Senin, 08 Juli 2013

manajemen karir


 TUGAS MANAJEMEN KARIR








Disusun Oleh 
Intan Kelian
( 01210018 )





FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN 
UNIVERSITA NAROTAMA SURABAYA 2013







BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan jaman pengembangan karir sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Namun tidak  semua orang memiliki perencanaan karir yang jelas, begitu pula dengan perusahaan. Akibatnya tidak jarang para karyawan yang tidak mengerti tentang masa depan karirnya dengan jelas karena tidak adanya sistem karir dalam perusahaan mereka.
Pengembangan karir ialah salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia dalam upaya membantu individu-individu untuk merencanakan karir mereka dimasa depan dalam perusahaan yang bersangkutan, dengan harapan dapat membantu perusahaan tersebut dalam mencapai tujuannya.

1.2  Rumusan Masalah
  1. Hal-hal yang sangat perlu diperhatikan dalam pengelolaan karir
  2. Perubahan paradigma dalam pengelolaan karir

1.3  Tujuan Penulisan
Guna menyelesaikan tugas mata kuliah Manajemen Karir









BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Definisi pengelolaan karir
Peningkatan pengetahuan keterampilan dan pengalaman (wawasan) yang akan membawa konsekuensi pada peningkatan kualitas, kuantitas tugas, tanggung jawab, wewenang dan penghasilan.
2.2  Perencanaan karir hidup
Meliputi 3 bagian :
  1. Pemahaman diri : minat, keterampilan, nilai dan tujuan
  2. Pemahaman lingkungan : peranan keluarga, informasi organisasi
  3. Pemahaman implementasi : keterampilan pengambilan keputusan, keterampilan yang dimiliki
Faktor-faktor perencanaan karir hidup
  1. Psikologis
  2. Sosiologis
  3. Ekonomis, fisik, pendidikan
  4. Kebetulan (keberuntungan)
Sistem perencanaan karir hidup
  1. Individu
  2. Keluarga
  3. Karir
Didalam merencanakan karir harus diperhatikan faktor individu dan keluarga. Dengan begitu sistem karir bisa berhubungan
Sistem karir yang saling berhubungan ada 3 unit :
Unit 1 : sistem individu (kesadaran)
Unit 2 : sistem individu/keluarga (pengambil keputusan)
Unit 3 : sistem individu/ keluarga, karir (dalam dunia kerja)
Setiap kompenen ini merupak sistem sendiri-sendiri, tetapi komponen ini saling berkaitan dan saling bergantung.

2.3  Paradigma pengembangan karir
Paradigma lama pengembangan karir adalah proses kemajuan kerja seseorang melalui seri-seri tahap yang setiap seri mempunyai perbedaan dalam tugas, aktivitas, dan hubungan. Seiring dengan perekembangannya paradigma karir definisi pengembangan karir pun berubah

Menurut Byars dan Rue (2000) pengembangan karir merupakan aktivitas formal dan berkelanjutan yang merupak suatu upaya organisasi untuk mengembangkan dan memperkaya sumber daya manusianya dengan menyelaraskan kebutuhan mereka dengan kebutuhan organisasi.

2.4  Model pengembangan karir
  • Model siklus hidup
  • Model berbasis organisasi
  • Model pola terarah

2.5  hal – hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan karir
a)      visi dan misi perusahaan
b)      sistem rekrutmen dan peluang promosi
c)      sistem penilaian kinerja
d)     sistem mutasi, promosi, demosi, PHK
e)      persyaratan kompetensi setiap jabatan
f)       hubungan pendidikan dan pelatihan dengan jabatan
g)      umpan balik
h)      sistem kompensasi
i)        target jabatan








BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan karir oleh karena itu pengembangan organisasi harus sesuai dengan pengembangan karir karyawan. Dengan menggunakan paradigm yang baru dalam pengembangan karir.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar