ETIKA BISNIS TENTANG REKLAME
Disusun Oleh
Intan Kelian
( 01210018 )
Fakultas Ekonomi Manajemen
UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA
2012 / 2013
REKLAME BILLBOARD
REKLAME
adalah media periklanan besar, yang biasa ditempatkan pada area yang sering
dilalui, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Reklame berasal
dari kata re-clamare (bahasa Latin: Re=berulang, clamare=seruan).
Reklame berisi iklan yang ditujukan untuk dilihat
pejalan kaki maupun pengendara kendaraan bermotor yang melewatinya. Reklame
umumnya berisi ilustrasi yang besar dan menarik, disertai dengan slogan.
Di Indonesia, terdapat kecenderungan membedakan
reklame dan iklan berdasarkan kategori penempatannya; sehingga reklame
digunakan untuk menyebutkan media periklanan ruang luar , sedangkan iklan untuk
menyebutkan media periklanan ruang dalam.
Bila ditinjau dari etimologinya, reklame dan iklan
mempunyai makna yang setara. Iklan dari kata i’lan (bahasa Arab) berarti
pengumuman, dan reklame berarti seruan yang berulang; maka kedua istilah yang
terkait dengan media periklanan ini mengandung makna yang setara yaitu untuk
kegiatan penyampaian informasi kepada masyarakat atau khalayak sasaran pesan.
Reklame masih dianggap sebagai
media promosi yang ampuh. semakin besar media reklame, ditambah lagi posisi
yang strategis, akan semakin murah biaya promosi per view.
Reklame ini Terletak di daerah yang sangat strategis.
Billboard tersebut terletak di Jl. Wonokromo Raya di Pertigaan Wonokromo, salah
satu jalan utama di Kota Surabaya. Hal tersebut akan membuat setiap produk yang
di iklankan memiliki daya pandang yang sangat bagus untuk menarik perhatian
setiap konsumen yang melalui jalan tersebut.
FUNGSI REKLAME
- Mempekenalkan suatu produk pada
khalayak atau masyarakat.
- Agar pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang
ditawarkan
- Agar perusahaan produk tersebut banyak
keuntungan.
1.
TUJUAN REKLAME
a. Reklame
Komersial
Bertujuan memperkenalkan atau menawarkan
barang atau jasa kepada masyarakat.
b. Reklame Sosial
Bertujuan untuk memberitahukan atau himbauan kepada masyarakat agar berbuat
sesuatu.
2.
JENIS JENIS REKLAME
a. Reklame
Audio
Reklame yang disampaikan lewat suara yang diterima dengan indra
pendengaran..
b. Reklame Visual
Reklame yang disampaiakan lewat tulisan dan gambar, baik gambar diam
ataupun gambar yang bergerak, yang dapat diterima dengan indra penglihatan.
c. Reklame Audio
Visual
Reklame yang disampaikan lewat tulisan, gambar dan suara. Yang dapat
diterima dengan indra pendengaran dan penglihatan.
3.
PENYAMPAIAN REKLAME
a. Melalui Audio
Dalam bentuk reklame tradisional. Tetapi sekarang sudah ada reklame Audio
yang modern seperti reklame melalui siaran radio. Melalui siaran radio,
pesan atau penawaran dilakukan dengan cara diucapkan atau dibacakan dengan
dialog.
b. Melalui Visual
Poster
Poster
Merupakan bentuk reklame berupa gambar dan tulisan pada selembar kertas dan
ditempel ditempat-tempat umum
Iklan
Jenis reklame yang bentuknya singkat dan dimuat di media cetak seperti
koran, tabloid atau majalah.
Plakat
Bentuknya secara visual hampir sama dengan poster, hanya ukurannya saja
yang lebih kecil dan biasanya ditempel di tembok atau di pohon-pohon di tepi
jalan. Penyajiannya lebih sederhana dibandingkan dengan poster.
Spanduk
Berbentuk selembar kain yang direntangkan melintang di atas jalan raya atau
di tepi jalan. Tulisan pada spanduk lebih sederhana dan mudah dibaca
serta dipahami para pemakai jalan atau pengendara kendaraan dapat membacanya
tanpa harus berhenti.
Selebaran
Bentuknya kecil seperti plakat tetapi sudah dilengkapi dengan gambar.
Ciri khas bentuk reklame ini adalah cara menyampaikannya yaitu dengan cara
diberikan secara langsung dari tangan ke tangan kepada calon konsumen.
Adapula yang dilakukan dengan cara disebar begitu saja dari mobil sambil
berjalan atau dari atas pesawat yang sedang terbang.
Baliho
Bersifat sementara dan ukurannya besar dan diletakkan di tepi jalan-jalan
yang strategis. Dibuat secara semi permanen dengan bambu, kayu, atau pipa
besi sebagai penyangganya. Namun sekarang sudah dijumpai bentuk baliho
yang menggunakan media kain atau kertas yang berukuran sangat besar dan
ditempelkan pada tempat khusus.
Billboard
Hampir sama dengan baliho karena berukuran besar, tetapi jenis reklame
ini sifatnya lebih permanen karena dipasang dalam waktu yang cukup lama dan
ditempatkan diatap atau diatas pertokoan
Buklet
Berbentuk seperti buku karena tulisan dan gambarnya terdiri dari beberapa
halaman yang dijilid atau dilipat-lipat. Informasi yang ingin disampaikan
lebih lengkap.
Embalase
Bentuk reklame yang dibuat langsung pada permukaan kemasan barang atau
produk.
Mobile
Reklame berbentuk media tiga dimensi yang dapat bergerak. Baik
bergerak sendiri karena tertiup angin (digantung) atau dengan mesin motor
penggerak bertenaga batery/ listrik. Ada juga jenis reklame ini yang
menggunakan media balon gas.
Etalase
Reklame tiga dimensi yang terdapat pada ruang kaca di depan-depan
toko. Memamerkan barang yang dijual dengan penataan yang
menarik. Biasanya menggunakan patung-patung manusia (manequin) untuk
memamerkan pakaian yang dijual.
c. Melalui
Audio-Visual
Iklan yang ditayangkan di televisi, slide atau video klip. Penyampaian
reklame dengan media ini dianggap paling berhasil karena menarik dan lebih
mudah dipahami orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar